VIDEO

Liputan TV One untuk kegiatan Outbound di Alas Prambon Sidoarjo





Oleh : Kak Pramono.ST
Telp Pendaftaran Outbound : 0852-7352-4279  /  0857-3253-4222

Sejarah berdirinya lokasi Outbound alas prambon Sidoarjo

Lokasi Alas Prambon pada awalnya adalah suatu tempat yang dinilai tidak memiliki potensi sama sekali untuk suatu kegiatan usaha, baik pertanian, perkebunan atau peternakan. 
Sebuah tempat yang dipenuhi rimbunan pohon bambu yang tidak terurus dan terkesan angker.
Hanya ada dua urusan bagi para penduduk untuk bertandang ditempat ini, yaitu saat akan pergi kesawah dan (maaf) tempat buang hajad disungai (karena sangat luas serta sepi dan bagi petani terlalu jauh kalau harus pulang ke rumah).

Tetapi dibenak seorang Ir.H.Supriyo, rimbunan pohon bambu yang sambung menyambung dengan dikelilingi oleh sawah serta kebun adalah suatu potensi wisata yang bisa menjadi edukasi di alam terbuka bagi pengunjung. Maka pada awal tahun 2013, beliau menggagas dan mulai membenahi lokasi hutan bambu ini sedemikian rupa dan dinamakan ALAS Outbound.
Dan karena lokasi ini masuk dalam wilayah kecamatan Prambon Sidoarjo, maka seiring berjalannya waktu lebih dikenal dengan nama ALAS PRAMBON Outbound Sidoarjo.

Mengapa harus ke ALAS PRAMBON Sidoarjo

ALAS adalah singkatan dari Anugerah Alam Sejahtera.

Penggunaan nama ALAS dinilai para guru yg berkunjung disini adalah sangat tepat sekali

Dibenak para orang tua dan guru yang belum pernah berkunjung dan melihat lokasi, ALAS PRAMBON adalah sebuah tempat ditengah Hutan, hal ini karena istilah ALAS bagi orang Jawa berarti Hutan yang sangat lebat atau Rimba belantara.

Hal ini sangat Menarik sekali dan menjadi magnet yang kuat hanya berawal dengan sebuah Nama
Apalagi bagi Orang tua murid, begitu mendengar nama ALAS, terbersit rasa khawatir atas kegiatan putra-putrinya khususnya yang masih Taman Kanak-kanak, hingga menciptakan rasa penasaran.
Demikianlah yang kami tangkap dari tanggapan sekolah dan wali murid pada awal kami mensosialisasi dan mempublikasikan Alas Prambon di semua sekolah Sidoarjo dan Surabaya.

Maka dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa, Lokasi Alas Prambon sangatlah terjamin bagi keamanan dan kenyamanan Anak-anak.

1. DEKAT

Point penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Outbound khususnya bagi anak-anak sekolah adalah Stamina.
Perjalanan yang jauh untuk acara outbound sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan kelelahan dan hilangnya stamina yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan outbound.
Hal ini juga dipertegas oleh aturan UPTD Surabaya  yang menyarankan kegiatan tour dan outbound sebaiknya tidak keluar kota.

Lokasi Alas Prambon Outbound adalah di GH7P+FG, Ngingas, Simpang, Kec. Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61264
Masih dalam area 031 seperti Surabaya, dan hanya 60 menit perjalanan dari Surabaya jika tidak ada kemacetan. Jadi bila bapak/ibu mencari tempat outbound yang terdekat sekaligus terlengkap fasilitas edukasinya, Alas Prambon adalah satu-satunya pilihan paling Tepat.

2. MURAH

Hanya dengan Rp. 60.000,- per siswa sudah termasuk makan siang bagi siswa dan guru, kolam renang, edukasi pertanian, pengenalan hewan, tangkap ikan, game Lumpur, Flying Fox dan lain-lain ,begitu banyak yang bisa didapatkan oleh para siswa., maka dapat dikatakan bahwa Alas Prambon masuk dalam daftar tempat outbound termurah di jawa timur atau cocok sekali bila kita sedang mencari outbound murah di sidoarjo

Bila kita menimbang sarana dan prasarana yg dimiliki Alas Prambon seperti lahan pertanian atau perkebunan sebagai sarana edukasi penting bagi peserta didik seluas 3 hektar, dilengkapi kolam renang, ground area, flying fox, pengenalan hewan, kolam ikan, telaga lumput seluas 2 hektar, maka Klaim Alas Prambon sebagai tempat outbound termurah di jawa timur. tidaklah berlebihan.

3. LENGKAP

kegiatan dari awal hingga akhir di Alas Outbound rata-rata membutuhkan waktu 3 sd 4 jam tergantung jumlah siswa. Normal time kedatangan adalah 08.30 atau 09.00  wib, dengan asumsi berangkat dari sekolah jam 07.00 wib.
Waktu dimulainya acara adalah Flexible tergantung waktu kedatangan.

Karena posisi tempat parkir Bus pada 300 meter sebelum lokasi, alas prambon outbound menyediakan sepur kelinci sebagai penjemputan dari parkiran bus menuju lokasi persiapan.

Untuk keterangan selengkapnya, kita bisa Download dan Cetak Proposal Outbound dibawah ini :

proposal outbound alas prambon sidoarjo


Lengkapnya suatu kegiatan outbound dapat ditunjukan dari rangkaian acara yang berkesinambungan dan padat serta harus disesuaikan stamina peserta anak didik.

Urutan kegiatan TK dan SD adalah sebagai berikut :

Ice breaking, senam otak, fun game, grouping         ( sekitar 20 menit )
Flying Fox , ketinggian 8 meter lintasan 50 meter   ( sekitar 20 menit )
Ground area seperti Spiderweb, merayap,                ( sekitar 20 menit )
merangkak, jembatan halang rintang dll.
Edukasi pengenalan hewan dan pembiakan ikan      ( sekitar 20 menit )
Edukasi pertanian dan perkebunan                            ( sekitar 30 menit )
Tangkap ikan (TK) atau Game telaga lumpur (SD)   ( sekitar 20 menit )
Kolam renang                                                             ( sekitar 45 menit )
Makan siang bersama                                                 ( sekitar 20 menit )
Upacara pelepasan                                                      ( sekitar 15 menit )

ini adalah perkiraan waktu kegiatan tanpa permintaan tambahan acara dari sekolah, seperti misalkan ditadakan juga acara perpisahan, pentas seni, ibadah bersama, lomba khusus, petik buah, dll.

4. AMAN

Alas Prambon Outbound semaksimal mungkin menggunakan peralatan safety untuk kegiatan yang mengandung resiko seperti Flyingfox, High Rope, High impact.
Pelindung kepala dan sabuk pengaman berkualitas bagus harus dikenakan dalam menjalankan program diarea ketinggian.

Untuk Spiderweb, jembatan burma, lintasan vietkong dan beberapa halang rintang yang beresiko sedang, team trainer dengan sigap bersiaga membantu dari pengawasan sampai mengangkat, menuntun dan menopang agar anak didik tidak sampai terjatuh dalam posisi membahayakan.  

5. PROFESIONAL

Dengan pengalaman dan latihan secara teratur, team trainer outbound Alas Prambon telah memiliki performance yang mantab dan kesabaran tinggi dalam menghadapi perilaku anak-anak.

Berikut Personil Team Trainer Alas Prambon Outbound :

1.  Kak Yos        6. Kak Benjo   11.  Kak Jefry               
2.  Kak Eko       7. Kok Jhon     12.  Kak iLham
3.  Kak Abdul    8. Kak  Bro     13.  Kak Rose
4.  Kak Rico      9. Kak Sony    14.  Kak Ike
5.  Kak Ariel    10. Kak Edy

Terpasang pagar pembatas bagi orang tua agar supaya tidak masuk kedalam area kegiatan yang bisa mengganggu proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak didik.
Disediakan tempat lesehan bagi orang tua pendamping untuk istirahat dan memantau kegiatan outbound.
Hanya team guru pendamping dari sekolah yang diperkenankan masuk serta membantu team trainer.
Percayakan semua keamanan dan keselamatan peserta anak didik kepada Team trainer yang bertugas.

EXTRA KEGIATAN BAGI PESERTA OUTBOUND

Petik Buah Pepaya California

kebun Pepaya California di alas prambon sidoarjo
Panen buah pepaya California

Buah pepaya California yang siap untuk dipanen bisa dikenali dari tanda-tandanya yaitu ada semburat berwarna kuning di bagian buah pepaya yang sering terlihat di bagian ujung buah. Cara memanen buah pepaya yang baik bisa menggunakan gunting untuk memotong bagian tangkai buah. Buah ini bisa dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali. Agar buah terlihat segar ketika selesai dipanen sebaiknya buah ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan diberi alas plastik atau koran bekas.
Hanya dengan Rp. 5.000,- ( Lima Ribu Rupiah ) per buah ,kita bisa panen dan membawa pulang buah pepaya California dari Alas Prambon Outbound Sidoarjo

Petik Buah Jambu Kristal




Inilah jambu kristal, jambu biji yang hampir tanpa biji. Berasal dari Taiwan yang banyak digemari karena rasanya yang segar dan nikmat, biji yang sangat minim dan daging yang sangat tebal.
Jambu yang banyak vitaminnya ini diperkirakan tak lama lagi akan menjadi populer dan menjadi primadona menggantikan dominasi Jambu bangkok yang saat ini dikenal luas.

Anda akan kesulitan menemukan jambu jenis ini dipasaran bebas, Alas Prambon memiliki 2 hektar pohon mini jambu kristal yang sudah dapat dipanen.
Kita dapat membawa pulang jambu raksasa ini dengan harga Rp. 20.000,- per kilo


Panen Kacang Tanah

Di Indonesia, kacang tanah merupakan tanaman yang paling banyak ditanam setelah padi, jagung dan kacang kedelai. Budidaya kacang tanah (Arachis hypogaea) biasanya diaplikasikan sebagai tanaman sela ataupun tumpang sari.

Outbound Alas Prambon memiliki 2 hektar lebih tanaman kacang tanah sebagai sarana edukasi bagi siswa SD kelas 4 keatas untuk mengetahui bagaimana  cara panen kacang tanah.

outbound alas prambon edukasi bagaimana cara panen kacang tanah


Kacang tanah dipanen pada umur 90 hari setelah tanam. Ciri-ciri fisik kacang tanah siap panen antara lain batangnya mengeras, daun mulai menguning dan berguguran. Selain itu kita juga bisa mengambil sampling dan memeriksa secara langsung apakah bijinya sudah terisi penuh atau tidak.


Sayur Kangkung darat, Tomat dan bayam

Program edukasi memetik sayur kangkung darat bagi peserta Paud, TK dan SD adalah menu wajib di outbound alas prambon sidoarjo. Kangkung darat di alas outbound menggunakan sistem pertanian Organik.

edukasi panen sayur di alas sidoarjo




Petanian Organik adalah sebuah bentuk solusi baru guna menghadapi kebuntuan yang dihadapi petani sehubungan dengan maraknya intervensi barang-barang sintetis atas dunia pertanian sekarang ini. Dapat dilihat, mulai dari pupuk, insektisida, perangsang tumbuh, semuanya telah dibuat dari bahan-bahan yang disintesis dari senyawa-senyawa murni (biasanya un organik) di laboratorium. Pertanian organik dapat memberi perlindungan terhadap lingkungan dan konservasi sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, memperbaiki kualitas hasil pertanian, menjaga pasokan produk pertanian sehingga harganya relatif stabil, serta memiliki orientasi dan memenuhi kebutuhan hidup ke arah permintaan pasar.

FASILITAS ALAS PRAMBON OUTBOUND SIDOARJO

Kolam Renang

Alas Outbound menyediakan 3 kolam yang masing-masing memiliki level sesuai batas usia peserta.
Keamanan bagi peserta adalah prioritas yang paling utama dalam kegiatan di kolam air.
Untuk paud dan TK kedalaman kolam hanya 30 sd 40 cm, itupun tetap dengan pengawasan dari para trainer yang juga ikut masuk ke dalam kolam menemani peserta anak.

Fasilitas Kolam Renang di Alas Prambon sda


kolam renang alas prambon outbound sidoarjo



Kolam Telaga Lumpur

Game di telaga lumpur alas prambon outbound sidoarjo mendapat apresiasi yang luar biasa dari para peserta dilihat dari banyaknya posting komentar nedia sosial seperti facebook atau instagram.
Dengan penambahan hujan buatan melalui pipa diatas kolam lumpur menjadikan permainan ini semakin seru dan tidak terlupakan bagi peserta anak-anak.




Pada level Paud dan TK ,game ini tidak diperkenankan karena dikhawatirkan lumpur tertelan atau masuk ke mata. Dan sesuai dengan menu generik pagi kelompok usia 2 sampai 6 tahunn, alas prambon menyediakan Game tangkap ikan di kolam bening sebagai pengganti Game lumpur yang diprogramkan minimal kelas 1 SD.


Kolam Tangkap Ikan bagi KB dan TK

Untuk melatif Motorik kasar bagi anak usia dini, alas prambon outbound menyediakan sebuah kolam bening yang berisi ikan-ikan hias berwarna merah. Air pada kolam bening ini hanya setinggi 5 - 10 cm, agar ikan dapat mudah ditangkap dan dimasukan kedalam plastik yang selanjutnya dapat menjadi kegiatan belajar memelihara ikan dirumah.

Acara Tangkap Ikan Alas Prambon Sidoarjo Outbound



FASILITAS AULA

Untuk melaksanakan kegiatan yang memerlukan Privacy Extra seperti acara Perpisahan, Wisuda Pelepasan Siswa, Rapat Organisasi, Outbound Wali Murid, Reuni, Perkemahan Sabtu Minggu, Perkemahan Jumat Sabtu, LDKS dan lain sebagainya, Alas Prambon memiliki Aula yang dapat menampung 300 orang.



Fasilitas Aula ini digunakan apabila Rombongan Pengunjung melaksanakan acara khusus dan pribadi sehingga merasa kurang puas dengan fasilitas Panggung dan Sound yg tersedia Gratis dikarenakan harus berbagi dengan rombongan pengunjung lain pada hari yang sama.
Biaya sewa Aula dan Sound sistem adalah Rp. 400.000,- 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar